Jurnal Komprehenshif
Vol 2 No 2 (2024)

Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Pola Asuh Authoritative dengan Prestasi Belajar

Azhari, Mutiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kecerdasan emosional dan pola asuh authoritative dengan prestasi belajar pada siswa di SD Negeri 023909 Binjai. Kecerdasan emosional dianggap sebagai kemampuan individu dalam mengenali, memahami, dan mengelola emosi, yang dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk prestasi akademik. Sementara itu, pola asuh authoritative, yang ditandai dengan kombinasi antara kontrol yang kuat dan dukungan yang tinggi, diyakini memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan karakter dan kemampuan akademik anak. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. Selain itu, pola asuh authoritative juga ditemukan memiliki korelasi positif yang signifikan dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan pola asuh authoritative merupakan faktor penting yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, dan intervensi dalam kedua aspek tersebut dapat berkontribusi pada peningkatan kinerja akademik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

komprehensif

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Komprehensif is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education ...