Journal EVALUASI
Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September

Evaluasi Program Tahfidz Ummi Model CIPP di Sd Ummu Aiman Malang

Mardiansah, Tri (Unknown)
Daniel, Muhammad (Unknown)
Mi'raj, Mi'raj (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi program Tahfidz Ummi di SD Ummu Aiman Malang pada tahun 2023/2024 menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuisioner, dan dianalisis menggunakan teknik model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Tahfidz Ummi di SD Ummu Aiman berjalan sangat baik. Aspek konteks dinilai sangat baik mencakup pemahaman tujuan, kebutuhan, dan kondisi lingkungan. Aspek input, termasuk kompetensi guru dan materi pembelajaran, juga dinilai sangat baik. Proses pelaksanaan program, yang mencakup strategi pembelajaran dan interaksi antara guru dan siswa, dinilai baik. Aspek produk menunjukkan lebih dari 90% pencapaian hafalan Al-Qur'an siswa. Secara keseluruhan, evaluasi menggunakan model CIPP menunjukkan bahwa program Tahfidz Ummi di SD Ummu Aiman sangat berhasil mencapai target dan memberikan hasil positif bagi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

evaluasi

Publisher

Subject

Education

Description

EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dengan (P-ISSN 2580-3387 dan E-ISSN 2615-2886) adalah jurnal ilmiah yang berkala dan diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah STAI Ma`had Aly Al-Hikam Malang. Jurnal ini dikhususkan untuk mengkaji ilmu Manajemen Pendidikan Islam. ...