Journal Creativity
Vol 2 No 2 (2024): Journal Creativity

KOMPETENSI GURU DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NO. 14 TAHUN 2005: KAJIAN TERHADAP KESELARASAN DENGAN PRINSIP-PRINSIP AL-QUR'AN

Nur Rofiuddin, Achmad (Unknown)
Masnawati, Eli (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi guru berdasarkan Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta mengkaji keselarasan kompetensi tersebut dengan prinsip-prinsip yang terkandung dalam Al-Qur'an. Kompetensi guru merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mencakup empat komponen utama: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis kualitatif terhadap teks UU No. 14 Tahun 2005 dan ayat-ayat Al-Qur'an yang relevan untuk menemukan hubungan dan keselarasan antara keduanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip kompetensi guru yang diatur dalam UU No. 14 Tahun 2005 sejalan dengan ajaran Al-Qur'an yang menekankan pentingnya ilmu pengetahuan, etika, tanggung jawab sosial, dan profesionalisme dalam mendidik. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya integrasi nilai-nilai agama dalam pengembangan kompetensi guru, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pendekatan yang holistik dan berbasis nilai-nilai keagamaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

creativity

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Journal Creativity adalah Keterampilan Berpikir dan menyediakan forum peer-review untuk komunikasi dan debat bagi komunitas peneliti yang tertarik dalam mengajar untuk berpikir dan kreativitas. Makalah dapat mewakili berbagai perspektif teoretis dan pendekatan metodologis dan mungkin berhubungan ...