Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh model (ARIAS) berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah  matematis siswa. Penelitian ini menggunakan  pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Posttest-Only Design.. Sampel dalam    penelitian  ini diambil dua kelas yaitu kelas VIII/C dan  kelas VIII/D yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis tes kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji t dan data diolah menggunakan software SPSS 29, kemudian data diolah menggunakan Software SPSS 29. Sesuai dengan kriteria pengujiannya adalah  jika nilai sig.< 0,05 maka ð»ð‘œ ditolak. Berdasarkan hasil signifikan statistic equal variances assumed adalah 0,011  lebih kecil dari 0,05, maka ð»ð‘œ ditolak dan terima ð»a. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model  (ARIAS) berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023