Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Shalihat, Hilma (Unknown)
Nufus, Hayatun (Unknown)
Ningtiyas, Fitri Ayu (Unknown)
Fonna, Mutia (Unknown)
Aklimawati, Aklimawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh model (ARIAS) berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah  matematis siswa. Penelitian ini menggunakan  pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Posttest-Only Design.. Sampel dalam    penelitian  ini diambil dua kelas yaitu kelas VIII/C dan  kelas VIII/D yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis tes kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji t dan data diolah menggunakan software SPSS 29, kemudian data diolah menggunakan Software SPSS 29. Sesuai dengan kriteria pengujiannya adalah  jika nilai sig.< 0,05 maka 𝐻𝑜 ditolak. Berdasarkan hasil signifikan statistic equal variances assumed adalah 0,011  lebih kecil dari 0,05, maka 𝐻𝑜 ditolak dan terima 𝐻a. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model  (ARIAS) berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpmm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh focuses on the publication of the result of scientific research to the field of mathematics education. The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, ...