Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh model (ARIAS) berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Posttest-Only Design.. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VIII/C dan kelas VIII/D yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis tes kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji t dan data diolah menggunakan software SPSS 29, kemudian data diolah menggunakan Software SPSS 29. Sesuai dengan kriteria pengujiannya adalah jika nilai sig.< 0,05 maka ð»ð‘œ ditolak. Berdasarkan hasil signifikan statistic equal variances assumed adalah 0,011 lebih kecil dari 0,05, maka ð»ð‘œ ditolak dan terima ð»a. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model (ARIAS) berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Copyrights © 2023