Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD menggunakan model Problem Based Learning pada materi bangun datar yang valid dan layak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dan menggunakan prosedur penelitian 4-D (four- D) yang dimodifikasi menjadi 3-D (three-D), yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (development). Hasil penelitian ini: 1) peneliti telah menghasilkan LKPD menggunakan model Problem Based Learning pada materi bangun datar pokok bahasan keliling dan luas segitiga; 2) hasil penilaian lembar kerja peserta didik dari ahli materi sebesar 81,5% dengan tingkat kevalidan cukup valid dan penilaian LKPD dari ahli media sebesar 83,5% dengan tingkat kevalidan cukup valid; 3) memperoleh hasil penilaian melalui angket respon peserta didik dengan rata-rata persentase 85,96% dengan kategori sangat positif. Dari hasil penilaian ahli materi, ahli media dan respon peserta didik, maka LKPD yang dikembangkan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran oleh peserta didik.
Copyrights © 2023