Manajemen pengelolaan kelas adalah perencanan kelas yang dilakukan oleh seorang guru untuk menciptakan dan tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan mengenai penerapan manajemen pengelolaan kelas untuk membuat lingkungan positif pada peserta didik di SD Negeri 02 Desa Panca Tunggal, Kabupaten Musi Banyuasin. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitafif. Informasi penelitiaan ini diperoleh dari guru dan peserta didik. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian bahwa manajemen pengelolaan kelas di SD Negeri 02 Panca Tunggal sudah dalam penataan yang tepat, yaitu seperti penataan meja guru di depan, tempat duduk siswa yang menghadap ke papan tulis dan duduk secara berpasangan, terdapat bendera Indonesia yang diletakkan di dalam kelas. Hal ini dapat mendukung secara penuh proses pembelajaran yang efektif. Dalam manajemen pengeloaan kelas memiliki beberapa pendekatan yang harus dilakukan dari pihak guru maupun dari peserta didik dan cara pengelolaan serta penataan kelas yang tepat dengan tujuan untuk mencapai proses pembelajaran yang positif sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan oleh lembaga Pendidikan.
Copyrights © 2024