Pedagogi Hayati
Vol 7 No 2 (2023): Pedagogi Hayati: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi

Pengaruh Metode Role Playing terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa pada Materi Ekosistem

Andini Novianti (Unknown)
Nevrita (Unknown)
Fernando, Adam (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan metode role playing terhadap hasil belajar dan motivasi siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X IPA MAN Tanjungpinang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes (post-test) untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar angket untuk mengukur motivasi siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode role playing. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis hasil tes, analisis data angket motivasi, analisis data observasi keterlaksanaan, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh menunjukkan hasil uji T dan uji F, yaitu: 1). terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode role playing terhadap hasil belajar siswa: 2). terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode role playing terhadap motivasi siswa: 3). terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode role playing terhadap hasil belajar dan motivasi siswa. Metode role playing ini dapat direkomendasikan sebagai metode pembelajaran alternatif untuk menunjang proses pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa di dalam kelas pada pembelajaran Biologi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogihayati

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogi Hayati: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pedagogi Hayati mempublikasikan artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu pendidikan biologi: pembelajaran, ...