JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)
Vol. 7 No. 2 (2024): Juli

Implementasi Disiplin Positif untuk Anak Usia Dini

Wijaya, Pipit Rika (Unknown)
Noviyanti, Ade Irma (Unknown)
Hidayanto, Nova Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini berfokus pada implementasi disiplin positif untuk anak usia dini sebagai pendekatan alternatif dalam pendidikan. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penerapan disiplin yang mendukung perkembangan karakter, nilai, dan perilaku positif pada anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memahami dan menjelaskan fenomena disiplin positif dalam konteks pendidikan anak usia dini. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan studi literatur dari jurnal ilmiah yang relevan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi efektif dalam penerapan disiplin positif, memahami dampaknya terhadap perkembangan anak, dan mengevaluasi tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin positif meningkatkan perilaku positif anak, memperbaiki hubungan antara anak dan pendidik, serta meningkatkan keterlibatan dan dukungan orang tua. Namun, tantangan seperti konsistensi penerapan dan pemahaman mendalam tentang disiplin positif perlu diatasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa disiplin positif merupakan pendekatan yang efektif dalam mendidik anak usia dini dan memberikan rekomendasi untuk pengembangan program yang mendukung implementasinya di lembaga pendidikan anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JECIE

Publisher

Subject

Education

Description

JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) has e ISSN 25992759 (online) and p ISSN 26144387 (print) is a national scientific journal of Early Childhood Education (PAUD) that aims to communicate the research results of lecturers, students, teachers, practitioners, and scientists in ...