Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman
Vol 2 No 1 (2024): Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman

Penerapan Metode Reading Guide untuk Meningkatkan Literasi Membaca

Masidayu, Masidayu (Unknown)
Deprizon, Deprizon (Unknown)
Salman, Salman (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2024

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di lapangan siswa kelas V di SDN 10 Sungai Tengah tidak mahir membaca, yang menyebabkan masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan metode pedoman membaca untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian akan berlangsung dari Mei hingga Juni 2024. Penelitian ini melibatkan 18 siswa kelas V, 6 laki-laki dan 12 perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, dan tes. Sesuai dengan hasil penelitian, siswa kelas V memiliki kemampuan membaca yang baik. Dalam siklus I, literasi membaca siswa kelas V SDN 10 Sungai Tengah tergolong baik dengan penerapan metode panduan membaca dengan rata-rata 78,33%. Pada siklus II, literasi membaca siswa sangat baik dengan rata-rata 88,33%, dan hanya 11 dari 18 siswa yang tuntas dengan ketuntasan belajar klasik 61,1%. Pada siklus III, literasi membaca siswa sangat baik dengan rata-rata 83,3%, dan dari 18 siswa yang tuntas, hanya 15 yang tuntas dengan ketuntasan belajar klasik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Baitul_Hikmah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Published by Pascasarjana IAI Diniyyah Pekanbaru, since Volume 1 Issue 1 June 2023. Baitul Hikmah is a journal run by the Pascasarjana IAI Diniyyah Pekanbaru, which is regularly published every June and December. The journal focuses on the Islamic Science. The writings in this journal are open to ...