Academy of Education Journal
Vol. 15 No. 1 (2024): Academy of Education Journal

Pengembangan pendidikan karakter di sekolah dasar: analisis peran guru dan kurikulum

Hanafiah, Hanafiah (Unknown)
Malik, Abdul (Unknown)
Nursyam, Aisyah (Unknown)
Mokay, Meggy Merlin (Unknown)
Smas, Musa Hefer (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini agar menyajikan analisis mengenai peran dan juga pengaruh dari guru serta kurikulum dalam mengembangkan karakter pendidikan para siswa di Sekolah Dasar. Hasil dan pembahasan yang diuraikan dalam penelitian bisa menjadi salah satu sajian informasi yang bermanfaat dan bisa menjadi pedoman untuk penelitian berikutnya. Penelitian ini bisa menjadi salah satu kajian pendukung untuk penelitian yang memiliki relevansi dengan penelitian ini. Rumusan masalah dari penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui peran dari guru dan juga kurikulum dalam membentuk karakter siswa di tingkat sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa Guru memiliki peran dan pengaruh dalam membentuk karakter siswa SD. Disimpulkan pula bahwasanya dalam membentuk karakter dari para siswa ini terdapat 4 faktor penting dimana guru sebagai suri tauladan, pembimbing dan juga pengarah serta evaluator. Guru dan kurikulum memiliki peran dan pengaruh dalam membentuk karakter pribadi cerdas dan kuat

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Academy of Education Journals are journals that contain online diffusion media articles and the exchange of the latest information on the latest research findings. This journal covers various perspectives on education, social, law with special interest in the field of Pancasila and Citizenship ...