Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 7 No. 3 (2023): October

Peranan Media Instagram terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA

Musthafa, Nurul Qhatami (Unknown)
Sakdiyah (Unknown)
Azis, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Proses pembelajaran sejarah siswa masih kurang aktif dan asik dengan kesibukkannya masing-masing serta tidak memperhatikan pembelajaran yang sedang berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis media instagram terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental dengan desain penelitian one shot case study. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas XI IPS yang berjumlah 18 siswa. Metode pegumpulan data dengan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil angket keaktifan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media instagram mendapat nilai akhir 79,36, menunjukkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sejarah sangat antusias dengan kategori baik. Hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media instagram terhadap keaktifan belajar dengan persentase hubungan kedua variabel sebesar 67% dan 33% dipengaruhi oleh faktor luar seperti lingkungan. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai uji thitung > ttabel atau 5,716 > 2,120. Simpulan penelitian yaitu penerapan media instagram berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI IPS. Oleh sebab itu, media instagram efektif diterapkan dalam pembelajaran sejarah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...