Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 8 No. 1 (2024): April

Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Bagi Mahasiswa PGSD Dalam Pembelajaran PPKN Sekolah Dasar

Elindasari, Dhevi Ayu (Unknown)
Woro Sri Hastuti (Unknown)
Setiawan Edi Wibowo (Unknown)
Suyitno (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2024

Abstract

Pengembangan media dilaksanakan karena kurangnya penggunaan sebuah media pembelajaran interaktif teknologi di dalam proses pembelajaran. Pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang interaktif dengan bantuan teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn), khususnya untuk mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang berada di semester 4. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Akan tetapi, dalam penelitian ini, peneliti hanya mencapai tahap pengembangan (Development) dikarenakan tujuan utamanya adalah menghasilkan sebuah media pembelajaran yang dinilai baik oleh validator ahli. Validitas media pembelajaran diukur menggunakan lembar penilaian dari para ahli. Teknik analisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk ini telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, dengan skor mencapai 88,5%. Skor ini termasuk dalam kategori sangat layak, mengingat bahwa presentase hasil validasi berada dalam rentang 81-100%. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis teknologi ini dianggap valid dan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi menjadi solusi yang efektif dalam mendukung pembelajaran mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...