Masalah utama yang diselesaikan dalam PPM Internal Unpad 2022 ini adalah bagaimana memberikan pendampingan pada usaha kecil yang ada di masyarakat untuk dapat membuka usaha secara online dan menggunakan internet atau smartphone  melalui media social sebagai upaya peningkatan manajemen usaha pada unit usaha yang telah berjalan, khususnya pada masa pandemi Covid-19 ini.  Dasar pemikiran merujuk pada kondisi bahwa media sosial telah berevolusi untuk menjadi alternatif cara berkomunikasi dan berbagi informasi serta ketertarikan. Indonesia merupakan negara keempat dengan jumlah pengguna internet terbesar. Pertumbuhan pesat dari sosial media beserta jaringannya terutama di negara-negara berkembang membuka lahan baru untuk adanya kontak antara produsen dan konsumen.Kontak antara produsen dan konsumen inilah yang biasanya dikenal dengan kegiatan berbelanja secara online. Keterkaitan antara penggunaan sosial media dengan kegiatan online shopping sangat erat.Untuk menganalisis data media sosial diperlukan pengetahuan yang dalam mengenai teknologi Internet, media sosial, basis data, struktur data, teori informasi, penambangan data, pembelajaran mesin, sampai kepada teknik visualisasi data dan informasi. Analisis media sosial bertujuan untuk pengembangan dan evaluasi informasi serta mengumpulkan, mengevaluasi, menganalisis, menyimpulkan, dan memvisualisasikan data dari media sosial. Analisis media sosial adalah proses untuk melihat, analisis, mengukur, dan prediksi interaksi digital, relasi, topik, ide-ide atau konten pada media sosial. Selanjutnya dalam rangka mendukung perkembangan perekonomian bangsa, diharapkan pendampingan ini dapat membantu para pelaku usaha kecil dalam bersosial media dalam hal peningkatan profit dan produktivas usaha. Lokasi PPM dipilih Desa Jatimukti yang terletak sekitar 5 KM dari Kampus Unpad Jatinangor.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023