JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS
Vol. 4 No. 02 (2024): Februari

Pelatihan Penggunaan Game Edukasi AR untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Negeri Luwungbata 02

Umisara, Elinda (Unknown)
Riono, Slamet Bambang (Unknown)
Antika, Tri Linda (Unknown)
Toha, Muhamad (Unknown)
Hidayah, Siti Ulin Nuril (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Pengabdian Masyarakat dengan judul "Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Melalui Pelatihan Penggunaan Game Edukasi AR bagi Guru SD Negeri Luwungbata 02" dilaksanakan untuk mengatasi tantangan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar (SD), khususnya di SDN Luwungbata 02. Dengan menggali permasalahan yang meliputi keterbatasan sumber daya, kesiapan guru terhadap teknologi modern, dan kebutuhan akan metode pembelajaran yang menarik, pengabdian ini menawarkan solusi berupa pelatihan intensif dan pendampingan kepada guru-guru dalam mengintegrasikan teknologi Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran. Melalui pendekatan holistik ini, pengabdian masyarakat bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa, mendapatkan dukungan dari guru, mengembangkan media pembelajaran, dan melakukan evaluasi berkelanjutan terhadap dampak program. Hasil dari implementasi solusi ini menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan game AR, meningkatnya minat dan pemahaman siswa terhadap Bahasa Inggris. Dengan demikian, pengabdian ini tidak hanya memberikan kontribusi pada kualitas pembelajaran di SDN Luwungbata 02, tetapi juga berpotensi untuk menjadi model bagi pengembangan penggunaan teknologi dalam pendidikan dasar secara luas.

Copyrights © 2024