Damhil Education Journal
Vol 4, No 1 (2024)

INTEGRASI MATA PELAJARAN IPA DAN IPS DALAM KURIKULUM MERDEKA DALAM UPAYA PENGUATAN LITERASI SAINS DAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR

Zakarina, Uznul (Unknown)
Ramadya, Avelya Deysi (Unknown)
Sudai, Rahmawati (Unknown)
Pattipeillohi, Agusrianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2024

Abstract

Kurikulum pendidikan telah mengalami evolusi, khususnya dengan pengenalan Kurikulum Merdeka pada tahun 2020, sebagai upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan efektivitas sistem pendidikan sesuai dengan tuntutan zaman. Salah satu aspek utama dari perubahan ini adalah penggabungan mata pelajaran IPA dan IPS menjadi IPAS di Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi strategi yang efektif dalam mengintegrasikan mata pelajaran IPA dan IPS dalam kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilakukan di di SDN 1, SDN 11 dan SDN 16 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam proses pengintegrasian mata pelajaran IPA dan IPS yaitu menggunakan pendekatan interdisipliner dalam bahan ajar dengan memperhatikan konsep pembelejaran berdiferensiasi. Dalam proses pengintegrasian mata pelajaran IPA dan IPS bisa dilakukan proses pembelajara berbasis proyek dan pembelajaran kegiatan lapangan (karyawisata). Selain itu juga bahwa cara mengintegrasikan kedua mata pelajaran tesebut dengan pembelajaran berbasis pendekatan cerita atau narasi terkait dengan kisah-kisah menarik. Agar siswa memahami implikasi dari tindakan mereka terhadap lingkungan dan mendorong mereka untuk bertindak secara bertanggung jawab

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

DEJ

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Damhil Education Journal with E-ISSN 2776-2505 (Online), P-ISSN 2776-8228 is published by the Education Study Program of the Postgraduate Doctoral Program at Gorontalo State University. Damhil Education Journal is an e-journal as a publication media for academics, researchers, and practitioners in ...