Educaniora: Journal of Education and Humanities
Vol. 1 No. 3 (2023): December

Kepraktisan Media Pembelajaran Griya Ilmu dalam Pembelajaran Teks Fabel Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama

Dwimawani, Nuratikah (Unknown)
Shanty, Isnaini Leo (Unknown)
Elfitra, Legi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Griya Ilmu untuk materi teks fabel kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bintan. Fokus utama adalah kepraktisan media yang dikembangkan. Model 4-D digunakan sebagai model penelitian. Subjek uji coba terdiri dari satu kelompok kecil (5 siswa) dan satu kelompok besar (30 siswa). Data penelitian meliputi data kualitatif (hasil wawancara, observasi, komentar, dan saran) dan data kuantitatif (skor dari angket kepraktisan). Instrumen penelitian adalah lembar kepraktisan yang digunakan siswa saat menggunakan media pembelajaran Griya Ilmu dalam pembelajaran teks fabel. Hasilnya, siswa dalam kelompok kecil memberikan persentase rata-rata 97,20% dengan kualifikasi "sangat praktis". Sementara itu, kelompok besar memberikan persentase rata-rata 95,29% dengan kualifikasi "sangat praktis". Dengan demikian, media pembelajaran Griya Ilmu dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ec

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This interdisciplinary journal focuses on the exchange of research results in education and humanities. Educaniora aims to bridge the gap between pure academic research journals and more practical publications. Fields of interest include, but are not limited to: 1. Indonesian Language Education; 2. ...