Educaniora: Journal of Education and Humanities
Vol. 1 No. 3 (2023): December

Instagram sebagai Sarana Komunikasi di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Conzizca, Mika Julia (Unknown)
Masruri, Anis (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi pustakawan dalam memanfaatkan Instagram sebagai medium komunikasi dan mengidentifikasi hambatan yang ada di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam penelitian ini, metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif digunakan, sumber data meliputi data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sementara teknik analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustakawan menggunakan strategi komunikasi melalui Instagram @perpusuinyogyakarta dengan melakukan promosi perpustakaan dengan memposting pada Instafeed dan Reels (IGTV), membuat stories, menandai teman atau lembaga, dan memberikan komentar terkait informasi layanan, koleksi, dan acara yang ada. Selain itu, ucapan selamat dan pesan sukses juga ditampilkan. Penelitian ini juga mengungkapkan adanya kendala, seperti kurangnya sumber daya manusia serta sarana dan prasarana.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ec

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This interdisciplinary journal focuses on the exchange of research results in education and humanities. Educaniora aims to bridge the gap between pure academic research journals and more practical publications. Fields of interest include, but are not limited to: 1. Indonesian Language Education; 2. ...