Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 12 No 3 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION (CIRC) DAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS V

Sakila Batubara, Lailan (Unknown)
Irdalisa (Unknown)
Hikmat, Ade (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui pengaruh Metode pembelajaranCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan literasi, (2) mengetahui pengaruh kebiasaan membaca terhadap kemampuan literasi. (3)interaksi antara metodepembelajaran dengan kebiasaan membaca terhadap kemampuan literasi. Penelitian inimenggunakan metode kualitatif. Bertempat di SDNAren Jaya XIII dengan informan dalampenelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas dan peserta didik di sekolah. Metode pengumpulan data dengan angket, instrument set dan dokumentasi. Uji keabsahan datamenggunakan uji validitas dan ujireliabilitas.. Analisis data menggunakan Uji Normalitas dan UjiHomogenitas.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Hasil pengujian hipotesis pertama, diperoleh Fhitung (3,551) > Ftabel (4,048) yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan metode pembelajaran Direct Introduction terhadap hasil belajar siswa pada materi pelajaran literasi. Fenomena ini menunjukkan bahwa hasil belajar matapelajaran Literasi akan meningkat bila siswadiajar dengan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC). (2) Hasil pengujian hipotesis kedua, diperoleh Fhitung(4,970) > Ftabel (0,030)yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara kebiasaan membaca kategori tinggi dan kebiasaan membaca kategori rendah terhadapkemampuan literasi siswa pada mata pelajaran Literasi. Fenomena ini menunjukkanbahwa hasil belajar mata pelajaran literasi akan meningkat bila siswa memiliki kebiasaan membaca kategoritinggi. Artinya semakin baik kebiasaan membaca siswa,maka akan menghasilkan hasil belajar Kemampuan literasi yang semakin baik pula. (3)Hasil pengujian hipotesis ketiga (interaksi) diperolehFhitung (11,809) > Ftabel (4.048). Halini menunjukkan terdapat interaksi metode pembelajaran dan kebiasaan membaca terhadap Kemampuan literasi. dapat diambil kesimpulan bahwa siswa yangmemiliki kebiasaan membaca kategori tinggi lebih efektif diajarkan dengan metodepembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dari pada metode pembelajaran Direct Introduction. Oleh karenanya lebih berhasil dengan metode CIRC yangbersifat global karena memacu kemampuan sosial mereka dalambelajar sebagai ciri dari siswakebiasaan membaca kategori rendah yakni kemampuanmemahami permasalahan adalah denganmengembangkan kemampuan sosial.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

TEK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang ...