Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Vol 7, No 1 (2024): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE AND EXPLAIN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS

Yuliska, Reza (Unknown)
Fatmi, Nuraini (Unknown)
saifuddin, saifuddin (Unknown)
Ginting, Fajrul Wahdi (Unknown)
Absa, Munzir (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Predict, Observe and Explain terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi fluida statis di SMA Negeri 1 Nisam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi  Eksperimen Design dengan menggunakan desains penelitian non equivalent control group design yang terdiri dari dua kelompok yaknik kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Yang terdiri dari kelas XI F-1 sebagai kelas eksperimen dan XI F-2 sebagai kelas kontol. Dengan jumlah siswa masing-masing kelas terdiri dari 20 orang. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol dengan nilai sebesar 65,25 sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 85,75. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji non parametrik dengan uji mann whitney test diperoleh hasil sig (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari pada nilai signifikasi 0,05 yang artinya (H0) ditolak dan (Ha) dierima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model Predict, Observe and Explain terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi fluida statis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

relativitas

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of ...