Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary
Vol 1, No 2 (2023): Desember 2023

Pengaruh Metode Outing Class Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar IPA pada Materi Ekosistem di SDN Karanganyar

Kurnia, Nia (Unknown)
Permana, Rahmat (Unknown)
Pratiwi, Anggia Suci (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Pemahaman belajar peserta didik bukanlah hal yang mudah untuk ditingkatkan terutama pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Oleh karena itu, pendidik harus lebih teliti dalam memilih metode pembelajaran yang akan digunakannya sesuai materi yang akan dipelajarinya. Dengan ini peneliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode outing class terhadap tingkat pemahaman belajar IPA materi ekosistem di  kelas 5 SDN Karanganyar. Jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen dengan subjek penelitian siswa kelas 5 SDN Karanganyar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Perlakuan dilakukan disatu kelas yaitu kelas 5 A yang berjumlah 19 orang sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode outing class dan kelas 5 B yang berjumlah 27 orang sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional selama 3 hari berturut-turut. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) tingkat pemahaman belajar IPA pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas konvensional, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 62,89 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 24,07; (2) terdapat perbedaan signifikan antara tingkat pemahaman belajar IPA pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan kelas yang menggunakan metode outing class. Hal ini berdasarkan hasil uji Independent Sample t-Test yang ditunjukkan pada Sig. (2-tailed) = 0.001 0.05, sehingga H_O ditolak dan H_a diterima, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima dan dapat diartikan ada pengaruh penggunaan metode outing class  terhadap tingkat pemahaman belajar peserta didik di kelas V SDN Karanganyar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jerumi

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Nursing Social Sciences

Description

JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary dengan nomor ISSN terdaftar 3025-7999 (Cetak) dan 3025-7980 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary ...