Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Vol. 19 No. 1 (2024): Mei: Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran

PENGARUH PERAN GURU DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN

Silvia Annur Hasibuan (Unknown)
Monika Flora Manik (Unknown)
Ivan Siahaan (Unknown)
Yehezkiel Exaudi Banjarnahor (Unknown)
Andi Taufiq Umar (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif Asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh variabel peran guru dan dorongan orang tua terhadap motivasi belajar siswa baik secara parsial maupun simultan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 37 Medan dengan jumlah sampel sebanyak 45 orang yang diambil secara purposive sampling yaitu teknik sampling yang dilakukan atas dasar pertimbangan tertentu dari peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru tidak berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai t hitung = 0.413 < t tabel = 2.018 dengan nilai signifikansi sebesar 0,682 > 0,05. Sedangkan variabel dorongan orang tua secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai t hitung = 3.794 > t tabel = 2.018 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Secara simultan peran guru dan dorongan orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP 37 Medan dengan nilai Fhitung = 7.553 > Ftabel = 3.22 Adapun peresentase pengaruh tersebut sebesar 26,5%. Hasil ini juga menjelaskan bahwa semakin besar peran guru dan dorongan orang tua maka semakin besar pula motivasi belajarnya begitupun sebaliknya. Siswa dengan peran seorang guru dan dorongan orang tua yang besar cenderung akan membuat siswa merasa termotivasi untuk lebih giat dalam belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and ...