Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 12 No. 2 (2024): PEDAGOGIK : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Materi Operasi Hitung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD

Audila, Rahma (Unknown)
Kamalia, Nasywaa (Unknown)
Nuranida, Siti (Unknown)
Nurafni Yani, Apwa (Unknown)
Al-husna, Syifa (Unknown)
Kurnia, Vina (Unknown)
Ardian Hopemana, Teofilus (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media permainan ular tangga dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang operasi hitung matematika. Observasi awal di kelas II mengungkapkan bahwa beberapa siswa belum mencapai tingkat ketuntasan minimal. Studi ini menerapkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan memanfaatkan model PTK Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari empat fase utama: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Partisipan dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas II di SD Negeri 5 Caringin. Analisis data menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa setelah penerapan media permainan ular tangga. Pada awalnya, hanya 65% murid yang mencapai standar minimal, namun pada tahap berikutnya, angka tersebut meningkat menjadi 85%. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan media permainan ular tangga efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap operasi hitung matematika. Pendekatan pembelajaran ini juga membentuk lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, yang secara keseluruhan dapat meningkatkan motivasi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Pedagogik Berisi tulisan tentang pendidikan dasar yang berkaitan dengan : Teori dan praktek pembelajaran serta gagasan konseptual, Bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar, Hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah ...