Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana guru Aqidah Akhlak berupaya membantu siswa mengetahui, memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Tiga faktor utama yang mempengaruhi pembentukan kepribadian muslim, aqidah/tauhid, syariat, dan akhlak menjadi landasan analisis. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus, melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya pengajaran Aqidah Akhlak yang sungguh-sungguh dengan metode yang sesuai perkembangan anak. Temuan ini menegaskan signifikansi pendidikan Aqidah Akhlak dalam kurikulum untuk membentuk individu yang tidak hanya memahami ajaran Islam secara teoretis, tetapi juga mampu mengimplementasikannya, sehingga terbentuk kepribadian muslim yang berakhlak mulia. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam tentang peran krusial guru Aqidah Akhlak dalam pembentukan karakter siswa di lembaga pendidikan Islam.
Copyrights © 2024