Al-Irsyad: Journal of Education Science
Vol 3 No 2 (2024): Juli 2024

ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DI SMA KELAS X SHALAHUDDIN KOTA PASURUAN

Chusniah, Risa (Unknown)
Rayungsari, Maya (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Matematika adalah mata pelajaran yang sering dianggap sulit oleh peserta didik. Kesulitan ini tidak jarang karena sifat abstrak dari konsep matematika yang membutuhkan pemahaman mendalam. Oleh sebab itu, analisis kebutuhan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran matematika diharapkanĀ  bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi mengatasi kesulitan tersebut sehingga meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini akan menganalisis kebutuhan terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi untuk siswa kelas X SMA Shalahuddin Kota Pasuruan. Diharapkan melalui penelitian ini, dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efisien dan efektif melalui pemanfaatan teknologi, serta memberikan rekomendasi bagi pihak sekolah dan pemangku kepentingan terkait dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Hasil penelitian meliputi peserta didik tidak menyukai pelajaean matematika dikarenakan membosankan,dan sulit, siswa menginginkan dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dan permainan agar tidak merasa bosan, fasilitias kurang memadai sehingga jarang menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Untuk itu perlu upaya upaya bersama antara sekolah, guru, dan pihak terkait untuk meningkatkan kesiapan dalam menggunakan teknologi. Pelatihan rutin bagi guru dan siswa, alokasi anggaran untuk fasilitas teknologi, dan pengembangan materi pembelajaran berbasis teknologi secara bertahap dapat menjadi solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika melalui media teknologi di SMA Shalahuddin Kota Pasuruan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jse

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Irsyad: Journal of Education Science (AIJES), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan Ilmu Pendidikan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...