Awladuna : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol. 2 No. 1 (2024): Awladuna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK DI TK THUMB KIDS, BANDAR LAMPUNG

Lestari, Dwi Puji (Unknown)
Nopiana (Unknown)
Indrayanah, Hanifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Seiring berkembang pesatnya teknologi yang semakin canggih, semakin kering karakter religius pada anak kalangan remaja di sekitar kita. Pendidikan sebagai tempat untuk menyemai karakter perlu melakukan tindakan preventif, PAUD sebagai jenjang dasar dalam pendidikan memiliki peran untuk membentuk karakter religius sebagai pondasi anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pengajaran Al-Qur’an dalam membentuk karakter religius anak di TK Thumb Kids Bandar Lampung. Metode penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisa data mengunakan reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan pertama, stimulasi religius pada anak dimulai dari perencanaan meliputi kurikulum, rencana pelaksanaan pembelajaran, penataan suasana belajar, bahan serta media belajar, metode dan strategi pembelajaran yang akan digunakan. Kedua, pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an. Ketiga, membentuk karakter religius. Faktor penghambat dalam implementasi karakter religius ada dua faktor, faktor internal meliputi rasa malas anak dan kurang percaya diri. Sedangkan faktor eksternal, lingkungan sekitar dan teman sebayanya. Kata kunci : Pembelajaran Al-Qur'an, Karakter Religius, Anak Usia Dini

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

awladuna

Publisher

Subject

Education Other

Description

Awladuna: Journal of Islamic Early Childhood Education is a peer-reviewed journal with blind review that focuses on issues of early childhood Islamic education and early childhood education. Issues accepted in this journal include: early childhood growth and development; environment and curriculum ...