Five In One Box merupakan salah satu media pembelajaran yang dirancang untuk membantu anak-anak dalam mengenal angka, huruf, dan konsep dasar lainnya melalui berbagai aktivitas yang terintegrasi dalam satu kotak. Media ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik dan bermanfaat bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran Five In One Box dalam mengembangkan kognitif anak usia dini. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Dengan analisis data yang digunakan adalah dengan langkah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah perencanaan pemanfaatan media pembelajaran Five In One Box dalam mengembangkan perkembangan kognitif anak dimulai dengan identifikasi kebutuhan media di KB Dharma Wanita, pemperolehan data, menciptakan alat peraga edukatif dan penyusunan strategi pembelajaran yang termuat dalam modul ajar. Pelaksanaan pemanfaatan media pembelajaran Five In One Box dimulai dengan pengenalan media Five In One Box. Guru KB Dharma Wanita tidak hanya menjadi fasilitator namun juga mengamati, mengarahkan dan membantu peserta didik dalam memahami kegiatan pembelajaran. Evaluasi perkembangan kognitif anak KB Dharma Wanita diukur menggunakan alat ukur yang meliputi tes pengetahuan dasar, kemampuan problem solving, dan kemampuan berpikir logis. Adapun teknik penilaian yang digunakan oleh guru KB Dharma Wanita dalam pemanfaatan media pembelajaran Five In One Box untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini antara lain Observasi, penilaian percakapan, dan portofolio.
Copyrights © 2024