Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 12: Special Issue No. 1 (2024)

Analisis Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Sikap Religius Siswa Sekolah Dasar

Rahma, Mutiara (Unknown)
Amrullah, Muhlasin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Observasi ini bermaksud guna menganilis penerapan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) terhadap sikap religius siswa sekolah dasar. P5 mendorongpeserta didik guna mengetahui serta mengamalkan kaidah-kaidah agama secara lebih baik. P5 juga membantu siswa untuk mengembangkan karakter religius seperti disiplin, tanggung jawab, dan toleransi.Kesimpulan penelitian ini adalah P5 merupakan program yang efektif untuk meningkatkan sikap religius siswa sekolah dasar. Penelitian ini merekomendasikan agar P5 terus diterapkan serta ditingkatkanpada sekolah-sekolah dasar di Indonesia. Observasi ini mengeksplorasi implementasi proyek P5 (Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di SD Muhammadiyah 1 Krian serta dampaknya terhadap pengembangan sikap religius siswa melalui pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara, ditemukan bahwa kegiatan P5 telah berhasil menginternalisasi kaidah Pancasila pada sikap serta tindakan lingkungan peserta didik. Implikasi dari temuan ini menegaskan pentingnya integrasi kaidah-kaidah Pancasila serta ajaran agama pada pendidikan formal untuk membentuk karakter dan sikap religius yang kuat pada generasi muda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dimensi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran is a peer-reviewed, open access journal that provides publication of articles in all areas of educational research. It aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research findings and provide a platform for scientists and ...