Anak-anak berkebutuhan khusus membutuhkan pendekatan pendidikan yang inklusif dan beragam untuk mendukung perkembangan mereka secara optimal. Sekolah Alam Atifa merupakan lembaga pendidikan yang memiliki konsep pembelajaran berbasis alam, yang menawarkan pengalaman belajar yang holistik dan menyenangkan. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial, motorik, kognitif, dan berfikir kritis anak-anak berkebutuhan khusus melalui kegiatan berkebun dan peternakan kecil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Partisipan penelitian terdiri dari 10 anak berkebutuhan khusus usia 4-7 tahun di Sekolah Alam Atifa. Curriculum Enrichment Gardening dan Little Farm diimplementasikan dalam program pendidikan sehari-hari, dengan melibatkan kegiatan seperti menanam dan merawat tanaman, memelihara hewan kecil, dan mempelajari siklus kehidupan alam. Implementasi Curriculum Enrichment Gardening dan Little Farm di Sekolah Alam Atifa menunjukkan dampak positif pada anak-anak berkebutuhan khusus. Mereka mengalami peningkatan keterampilan, kemampuan motorik anak-anak juga meningkat, secara kognitif, anak-anak memperoleh pemahaman yang lebih baik, mengembangkan rasa tanggung jawab, kepercayaan diri, dan ketekunan serta meningkat dalam berfikir kritis.Implementasi ini dapat diadopsi oleh lembaga pendidikan lainnya untuk mendukung perkembangan anak berkebutuhan khusus secara holistik dan inklusif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024