Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 12, No 1 (2024): Januari 2024

Pengembangan E-Modul Berbasis canva Tentang Kayanya Negeriku Untuk Siswa Sekolah Dasar

Amanda, Ingge (Unknown)
Firduansyah, Dedy (Unknown)
Valen, Andri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain E-Modul berbasis canva. Menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan E-Modul berbasis canva tentang kayanya negeriku untuk siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini sebanyak 22 siswa dan siswa kelas IV SD Negeri 57 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Berdasarkan hasil validasi E-modul berdasarkan penilian ahli bahasa, materi dan media menuinjukan bahwa E-modul memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,87. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa E-Modul berbasis canva memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 86,5%. Pada uji lapangan diperoleh N-gain (g) sebesar 0,76 dengan klasifikasi tinggi, yang artinya E-Modul berbasis canva memiliki efektifitas tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-modul berbasis canva terbukti valid, praktis dan memiliki keefektifan dalam pembelajaran Kayanya Negeriku untuk siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dimensi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran is a peer-reviewed, open access journal that provides publication of articles in all areas of educational research. It aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research findings and provide a platform for scientists and ...