Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar
Vol. 4, No. 1, April 2024

Menggerakkan Roda Literasi: Inovasi Perpustakaan Keliling Sragen dalam Membangun Budaya Baca bagi Siswa Sekolah Dasar

Widyaningrum, Tita Fadhila (Unknown)
Rahmawati, Laili Etika (Unknown)
Dharojah, Rakhma Widya (Unknown)
Fitria, Cemy Nur (Unknown)
Darwis, Djamaluddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Perpustakaan keliling Sragen merupakan media yang menjadi strategi dalam menumbuhkembangkan budaya gemar membaca peserta didik. Melalui kegiatan ini peserta didik mampu menumbuhkembangkan semangat dalam membudayakan gemar membaca di lingkungan sekolah karena mereka dapat membaca buku dengan banyak jenisnya dan dapat mengeksplorasi pengetahuan yang luas yang akan mereka dapatkan ketika membaca buku melalui perpustakaan keliling. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya gemar membaca peserta didik di SDN Dawung 3 yang diaplikasikan melalui perpustakaan keliling Sragen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif ranah Studi Kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siswa SDN Dawung 3 yang berjumlah 80 peserta didik. Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan, untuk perpustakaan sekolah sudah tersedia sebelumnya tetapi pengelolaan buku yang tidak memadai sesuai kebutuhan peserta didik. Sehingga, dengan penelitian ini mampu menciptakan inovasi nyata yang baru untuk menumbuhkembangkan budaya gemar membaca melalui perpustakaan keliling Sragen di SDN Dawung 3.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jikm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat yang memfokuskan kegiatannya pada program kampus mengajar. JIKM merupakan jurnal ilmiah dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan ...