Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 10 No. 3 (2024)

Pengaruh Media Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring Siswa SD Swasta Pangeran Antasari Helvetia

Ramadanu, Febri (Unknown)
Pohan, Jusrin Efendi (Unknown)
Sembiring, Yenita Br (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media buku cerita bergambar terhadap keterampilan membaca nyaring siswa kelas III SD Swasta Pangeran Antasari Helvetia Tahun Pelajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain true experimental design. Pada desain penelitian ini terdapat dua kelompok yang digunakan untuk penelitian, satu kelompok untuk kelas eksperimen dan satu kelompok lagi untuk kelompok kelas. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan angket untuk mengetahui keterampilan membaca nyaring siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Uji Independent Sample T Test memperoleh t = 6,058, df = 58, dan sig (2-tailed) = 0,000, nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka ini menunjukkan hipotesis atau Ha diterima. uji F pada penelitian ini didapatkan nilai F hitung sebesar 36,698 dengan angka signifikansi (P value) sebesar 0,000 dengan tingkat signifikansi 95% (ɑ = 0,05). karena Fhitung > Ftabel, 36,698> 4,00 maka dapat ditentukan bahwa H0 akan ditolak dan Hɑ diterima, dapat dipahami bahwa ada pengaruh media buku cerita bergambar terhadap keterampilan membaca nyaring siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SD Swasta Pangeran Antasari tahun pelajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...