Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 10 No. 3 (2024)

Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Hots Pada Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pangururan

Naibaho, Lamria (Unknown)
Pohan, Jusrin Efendi (Unknown)
Purba, Christin Agustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian pada teks berita untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangururan. Instrumen penilaian tersebut telah divalidasi dan untuk mengetahui implementasinya. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk. Data dan sumber data pada penelitian ini diperoleh dari lembar catatan lapangan (fiel notes), lembar validasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek kelayakan materi memiliki kriteria “Baik” dengan total presentasi 78%. Pada aspek desain memiliki kriteria “Sangat Baik” dengan presentasi 87%. Hasil angket ke siswa memperoleh kriteria “Baik Sekali” dengan total 94%. Hasil angket oleh guru memperoleh kriteria “Baik Sekali” dengan presentase 88%. Hasil respon guru terhadap instrumen penilaian teks berita berbasis berpikir tingkat tinggi memperoleh presentasi 85% dengan kriteria “Sangat Baik. Hasil uji coba peserta didik memperoleh nilai rata-rata 80 dengan jumlah siswa 32 siswa. 26 siswa dinyatakan lulus dan 6 orang tidak lulus.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...