Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Desain yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan rancangan control group pretest -posttest design. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan (eksperiment) dan kelas yang tidak diberi perlakuan (kontrol). ). Intrumen penelitian dalam penelitian ini berupa tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banuhampu sebelum dan sesudah. Berdasarkan uji-t dari kedua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen bahwa diketahui uji-t kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (5,52>4,58). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model project based learning (PjBL) terhadap keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu dibandikan dengan pembelajaran langsung atau tanpa penggunaan model pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024