Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran kegiatan ekstrakurikuler PMR dalam meningkatkan konsep diri peserta didik, kemudian untuk mengetahui kendala yang terjadi pada peran kegiatan ekstrakurikuler PMR dalam meningkatkan kemampuan kosnsep diri peserta didik, serta untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 6 Samarinda pada bulan Januari-Maret 2024. Subjek penelitian ini ialah waka kesiswaan, pembina PMR, dan Kader PMR dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selaku fasilitator dan evaluator mampu menjalankan peran nya dengan baik untuk mengembangkan diri peserta didik. Pihak sekolah maupun peserta didik memiliki kendala baik dari internal maupun ekstrenal yang kemudian diatasi dengan upaya yakni berupa pembinaan yang berkualitas dan pemilihan jenis kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan konsep diri peserta didik yang dapat dilihat dari hasil pelaksanaan upaya yang ada peran peserta didik mampu mengenal, memberikan harapan, dan menilai dirinya sendiri serta adanya etika, moral dan jiwa sosial yang semakin baik dari para peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024