Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPPSI)
Vol 1 No 3 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Discovery Learning

Qoirunnisa, Fentika Zahra (Unknown)
Bakti Fatwa Anbiya (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2024

Abstract

Pembelajaran menemui berbagai macam permasalahan memasuki abad 21, salah satunya kejenuhan dalam belajar. Inovasi pembelajaran diperlukan dalam merubah mindset pembelajaran PAI yang kaku serta menjaga relevansi dengan kebutuhan pendidikan pada abad ini dengan menempatkan siswa sebagai objek sekaligus subjek, pendekatan Discovery Learning merubah arah pembelajaran passive learning menjadi active learning. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi bagaimana hasil penerapan pembelajaran inovatif menggunakan Discovery Learning terhadap hasil belajar, keterlibatan siswa, hingga rata-rata dalam Pra dan Pasca Siklus. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dengan menghimpun bacaan buku, jurnal, hingga artikel yang relevan dengan pembahasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata kelas, hasil belajar, hingga keterlibatan siswa dalam pasca siklus yang diujikan. Oleh karena itu, inovasi pembelajaran PAI melalui pendekatan Discovery Learning menjadi solusi yang relevan dalam membentuk pembelajaran PAI yang dinamis dan interaktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jippsi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPPSI) adalah jurnal yang bertujuan untuk mendiseminasikan hasil penelitian, pengkajian, dan penerapan teknologi yang didedikasikan untuk perkembangan terbaru di bidang ilmu pendidikan, keguruan, manajemen pendidikan, dan psikologi. Jurnal Ilmu Pendidikan dan ...