Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penentuan keriteria murid dalam pembelajaran berdifferensiasi oleh guru PPKn, kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilannya pemebelajaran berdifferensiasi. Jenis penelitian kualitatif deskripsi penelitian dilakukan di SMK Negeri 17 Samarinda pada bulan Februari 2024 sampai dengan April 2024. Subjek penelitian ini adalah Guru PPKn, Guru bidang lainya, Waka Kurikulum dan Siswa kelas X SMK Negeri 17 Samarinda dengan menggunakan teknik obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sebagai fasilitator dan evaluator harus mampu memfasilitasi siswa dalam pembelajaran, guru juga harus mampu membimbing siswa dan memberikan pengajaran sesuai dengan minat dan bakat mereka dan merefleksi diri untuk mencapai tujuan serta guru harus mampu memberikan pelayanan serta kemudahan siswa pada saat pembelajaran didalam kelas.
Copyrights © 2024