Abstrak Surat dianggap sebagai sarana komunikasi yang efektif karena memungkinkan penyampaian pesan secara jelas, terperinci dan dapat diperiksa kembali oleh penerima. Kajian ini dimaksudkan untuk meninjau bagaimana surat menjadi sarana komunikasi yang efektif dengan memahami pentingnya bentuk serta jenis yang sesuai. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan yang mana kami melakukan literatur baik dari buku, catatan maupun laporan hasil penelitian dari penelitian terdahulu kajian ini menemukan: Segala sesuatu yang ditulis di dalam surat wujudnya dibedakan menjadi tujuh jenis, yaitu surat terbagi atas surat bersampul, kartu pos, warkat pos, telegram , teleks atau faksimile, memo dan nota. Yang mana berdasarkan tingkat kepentingannya surat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu surat biasa, surat kilat dan surat kilat khusus. Kata Kunci : Surat, sarana komunikasi Abstrak Letters are considered an effective means of communication because they allow the message to be conveyed clearly, in detail and can be checked again by the recipient. This study is intended to review how letters become an effective means of communication by understanding the importance of appropriate form and type. By using a library research approach where we conducted literature from books, notes and research reports from previous research, this study found: Everything that is written in a letter is divided into seven types, namely letters divided into hardcover letters, postcards, scripts. post, telegram, telex or fax, memo and note. Based on the level of importance, letters are divided into three types, namely ordinary letters, express letters and special express letters. Kata Kunci : Letters, means of communication
Copyrights © 2024