Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar penulisan sajak dengan pendekatan konstruktivis berdasarkan teks naratif untuk siswa kelas sebelas SMA; merupakan bagian dari peta jalan penelitian sejenis yang menghasilkan bahan ajar untuk kelas sepuluh. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur sebagai berikut: analisis dasar, penyusunan desain produk awal, pengembangan desain produk awal, uji coba produk awal dalam skala terbatas, evaluasi dan revisi produk uji coba skala terbatas, uji coba produk skala luas, evaluasi dan revisi produk, uji coba produk revisi, dan reproduksi produk akhir. Pengembangan didasarkan pada pendekatan konstruktivisme dan terintegrasi ke dalam teks naratif. Teks Cloz digunakan untuk menentukan keterbacaan teks naratif. Kuesioner digunakan untuk memvalidasi rima dan teks naratif, menimbang indikator penulisan rima dalam teks naratif, menimbang desain produk awal, dan menimbang kelayakan bahan ajar. Tes esai singkat digunakan untuk mengumpulkan data pre-test dan post-test keterampilan menulis pantun pada percobaan skala besar. Data yang bersumber dari kuesioner dianalisis secara tematis; data yang dikumpulkan menggunakan instrumen teks Kloz dianalisis menggunakan statistik deskriptif; rata-rata dan persen; Data Pantun dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial yaitu paired sample t test. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah bahan ajar berjudul ‘Menulis Pantun: Bahan Ajar Enrichment Indonesia Berbasis Teks Naratif untuk Siswa Kelas Sebelas SMA; 4 unit pembelajaran; time new roman, makalah A4, 2 kolom, 118 halaman.
Copyrights © 2024