MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 2 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Juni 2024

Analisis tentang Konsep Peserta Didik dalam Pendidikan Islam

Rahmawati, Lili (Unknown)
Lestari, Indah (Unknown)
Wismanto, Wismanto (Unknown)
Mardianto, Khafid (Unknown)
Yuliandari, Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2024

Abstract

Peserta didik adalah makhluk Allah yang berhak mendapatkan pendidikan, bimbingan, pengasuhan, perawatan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tahapan perkembangannya sebagai manusia. Pemahaman tentang konsep peserta didik akan memberikan pencerahan kepada pendidik agar mampu mengoptimalkan semua potensi peserta didik untuk dikembangkan dan diberikan pengetahuan, sikap, keterampilan dan akhlak yang mulia sebagai bekal dalam kehidupannya. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan Islam yaitu uuntuk membentuk akhlak mulia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan konsepsi Islam tentang peserta didik. Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan metode deskriptif. Sumber data diperoleh dari sumber-sumber tertulis, sumber kepustakaan, baik dari buku, artikel jurnal, laporan ilmiah, dan sumber lain yang relevan. Pengumpulan data dengan melakukan kajian pustaka pada beberapa sumber yang membahas tentang konsep peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis secara komprehensif dengan mengkombinasikan dengan sumber lain, kemudian disajikan dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dalam konsepsi Pendidikan Islam memiliki posisi yang sangat penting, baik dari segi tugas dan tanggung jawab peserta didik, paradigma peserta didik dalam Pendidikan Islam, sifat-sifat ideal peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...