MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 2 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Juni 2024

Analisis Kesulitan Belajar Matematika Anak Tunarungu di Sekolah Inklusi TK Cendekia Kids School Madiun

Endarwati, Tri (Unknown)
Febiana, Maissy (Unknown)
Wibisono, Putri Sindy (Unknown)
Darmadi, Darmadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kesulitan belajar matematika anak tunarungu di sekolah inklusi TK Cendekia Kids School Madiun. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan kedalaman data, subjek penelitian ini menggunakan 1 anak berkebutuhan khusus tunarungu di sekolah inklusi TK Cendekia Kids School Madiun. Data berasal dari hasil dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar matematika. Kesulitan belajar lebih tampak ketika konsep didefinisikan menggunakan tulisan. Siswa lebih senang jika diajarkan konsep matematika dalam bentuk benda nyata. Kesulitan siswa juga terjadi ketika memahami bahasa yang disampaikan oleh guru terutama dalam pengucapan jumlah bilangan atau angka. Menurut siswa, pengucapan guru kurang jelas sehingga sulit dipahami.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...