Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe tim turnamen terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas V di MI Darussa’adah Pasar Rebo. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif. Dengan Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Dokumentasi dan Tes. Penulis menyebar lembar tes kepada siswa kelas V di MI Darussa’adah. Kemudian data diolah dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan nilai constant-nya adalah 14,603 sedangkan nilai signifikan 0,000 < 0,005, dengan demikian persamaan garis regresinya dapat dituliskan sebagai berikut: Y 14,603 dan signifikasi 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa ha diterima ho di tolak “terdapat pengaruh signifikan meningkat hasil prestasi belajar siswa model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament Kelas 5 (Lima) Madrasah Ibtidaiyyah DARUSSA’ADAH Pasar Rebo Jakarta Selatan. Besarnya pengaruh dari faktor Metode Kooperatif Tipe Tim Turnamen sebesar terhadap keterampilan siswa, sedangkan keterampilan siswa dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.
Copyrights © 2024