MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 2 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Juni 2024

Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Tim Turnamen Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V di MI Darussa’adah Pasar Rebo Jakarta Selatan

Sahliah, Nailah (Unknown)
Syukur, Taufik Abdillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe tim turnamen terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas V di MI Darussa’adah Pasar Rebo. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif. Dengan Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Dokumentasi dan Tes. Penulis menyebar lembar tes kepada siswa kelas V di MI Darussa’adah. Kemudian data diolah dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan nilai constant-nya adalah 14,603 sedangkan nilai signifikan 0,000 < 0,005, dengan demikian persamaan garis regresinya dapat dituliskan sebagai berikut: Y 14,603 dan signifikasi 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa ha diterima ho di tolak “terdapat pengaruh signifikan meningkat hasil prestasi belajar siswa model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament Kelas 5 (Lima) Madrasah Ibtidaiyyah DARUSSA’ADAH Pasar Rebo Jakarta Selatan. Besarnya pengaruh dari faktor Metode Kooperatif Tipe Tim Turnamen sebesar  terhadap keterampilan siswa, sedangkan  keterampilan siswa dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...