MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 2 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Juni 2024

Peningkatan Kemampuan Siswa dengan Metode Pembelajaran Peer Teaching Materi Perkalian Matematika Siswa Kelas III SD

Tulfauziah, Azizah (Unknown)
Ardana, Anisa Putri (Unknown)
Khairunnisya, Khairunnisya (Unknown)
Wati, Mardina (Unknown)
Wismanto, Wismanto (Unknown)
Sakban, Sakban (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Metode pembelajaran peer teaching merupakan metode pembelajaran yang menugaskan siswa dengan kemampuan lebih untuk berperan menjadi pengajar bagi siswa lain. Metode penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dalam materi perkalian dengan menerapkan metode peer teaching, dan peningkatan hasil belajar materi perkalian setelah diterapkannya metode pembelajaran peer teaching. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas III SD Al-Fityah Pekanbaru dengan populasi sebanyak 20 orang. Hasil dari penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran untuk menerapkan metode pembelajaran peer teaching adalah penentuan materi, pemilihan tutor, dan penyusunan kelompok; (2) pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode peer teaching ialah penyampaian materi dan diskusi dengan dipimpin oleh tutor, serta (3) tercapainya ketuntasan hasil belajar materi perkalian mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini penelitian disarankan untuk menerapkan penerapan metode pembelajaran peer teaching, sebagai salah satu model pembelajaran inovatif, pada mata pelajaran matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...