Metode pembelajaran peer teaching merupakan metode pembelajaran yang menugaskan siswa dengan kemampuan lebih untuk berperan menjadi pengajar bagi siswa lain. Metode penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dalam materi perkalian dengan menerapkan metode peer teaching, dan peningkatan hasil belajar materi perkalian setelah diterapkannya metode pembelajaran peer teaching. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas III SD Al-Fityah Pekanbaru dengan populasi sebanyak 20 orang. Hasil dari penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran untuk menerapkan metode pembelajaran peer teaching adalah penentuan materi, pemilihan tutor, dan penyusunan kelompok; (2) pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode peer teaching ialah penyampaian materi dan diskusi dengan dipimpin oleh tutor, serta (3) tercapainya ketuntasan hasil belajar materi perkalian mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini penelitian disarankan untuk menerapkan penerapan metode pembelajaran peer teaching, sebagai salah satu model pembelajaran inovatif, pada mata pelajaran matematika.
Copyrights © 2024