Sains membantu siswa memahami dunia sekitar mereka, mempromosikan pemikiran kritis, dan membangun fondasi bagi studi ilmiah lebih lanjut. Namun, kenyataannya di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar sains siswa sering kali masih rendah. Penggunaan media pembelajaran memungkinkan siswa untuk memahami proses pernapasan manusia dengan cara yang lebih konkret dan visual. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas 5 SD pada materi organ pernapasan manusia menggunakan media paru-paru balon melalui siklus Teaching at the Right Level (TaRL) dan pendekatan diferensiasi. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain pra-eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN 02 Tawangrejo yang terdiri dari 14 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa setelah diterapkannya siklus TaRL dan pendekatan diferensiasi.
Copyrights © 2024