MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 3 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, September 2024

Peningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas 5 SD pada Materi Organ Pernapasan Manusia dengan Media Paru-paru Balon Melalui Siklus TaRL dan Pendekatan Diferensiasi

Wahyuni, Widiya Retno (Unknown)
Chasanatun, Fida (Unknown)
Sumeni, Murti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Sains membantu siswa memahami dunia sekitar mereka, mempromosikan pemikiran kritis, dan membangun fondasi bagi studi ilmiah lebih lanjut. Namun, kenyataannya di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar sains siswa sering kali masih rendah. Penggunaan media pembelajaran memungkinkan siswa untuk memahami proses pernapasan manusia dengan cara yang lebih konkret dan visual. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas 5 SD pada materi organ pernapasan manusia menggunakan media paru-paru balon melalui siklus Teaching at the Right Level (TaRL) dan pendekatan diferensiasi. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain pra-eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN 02 Tawangrejo yang terdiri dari 14 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa setelah diterapkannya siklus TaRL dan pendekatan diferensiasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...