Abstract Tujuan penelitian ini untuk membahas evaluasi keterampilan menulis dan alat penilaian yang digunakan oleh pengajar bahasa Indonesia di sekolah menengah pertama . Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia yang mengajar di SMP sebanyak 3 orang. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) mewawancarai dan meminta dokumentasi berupa RPP kepada 3 guru bahasa Indonesia, (2) menandai hasil wawancara dan bagian RPP yang berkaitan dengan data penelitian, dan (3) menginventarisir data tersebut menjadi pedoman analisis data. Tahapan analisisnya adalah sebagai berikut: (1) Mendefinisikan data sesuai dengan data konsep penelitian , (2) mengkategorikan data sesuai dengan teori yang menjadi sesuai (3) menganalisis data dengan mencatat kata-kata yang berkaitan dengan penelitian, (4) menginterpretasikan data yang telah dianalisa dengan konsep penelitian, (2) mengkategorikan data sesuai dengan teori yang menjadi acuan, (3) menganalisis data dengan mencatat kata - kata yang berkaitan dengan penelitian, (4l) menginterpretasikan data yang telah dianalisis sesuai dengan teori yang digunakan menganalisis penelitian , dan (5) menarik kesimpulan teori hasilnya _digunakan untuk menganalisis penelitian.
Copyrights © 2024