Guru masih dominan menggunakan metode ceramah, murid merasa bosan dan kurang tertarik untuk belajar matematika berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan media papan pintar perkalian pada murid kelas II SDN 15 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch). Subjek penelitian adalah murid kelas II yang berjumlah 22 orang. Peneliti bertindak sebagai guru yang terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran melalui media papan pintar perkalian pada mata pelajaran matematika dan hasil yang diperoleh murid meningkat setelah pelaksanaan kegiatan pembelajaran melalui media papan pintar perkalian pada mata pelajaran matematika. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen dalam penelitian ini meliputi tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang dicapai yaitu: (1) Pada siklus pertama diperoleh nilairata-rata hasil belajar murid kelas II SDN 15 Mataram yaitu 60 (2) Pada siklus kedua diperoleh nilai rata-rata hasil belajar murid kelas II SDN 15 Mataram lebih tinggi yang mencapai 86. Ketuntasan belajar matematika murid kelas II SDN 15 Mataram juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, 7 (31,8%) murid mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II sebanyak 18 (81,8%) muridmencapai ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal tercapai. Hal ini berarti ketuntasan belajar pada siklus II tercapai secara klasikal karena jumlah murid yang tuntas lebih dari 80 %. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan hasil belajar matematika murid kelas II SDN 15 Mataram melalui penerapan media papan pintar perkalian mengalami peningkatan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023