Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia
Vol 3 No 2 (2023): Juli-Desember

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Strategi Tantangan Kelompok Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI MIA 3 SMA Negeri 8 Mataram Tahun Ajaran 2023/2024

Rahmayanti, Lina (Unknown)
Burhanuddin, Burhanuddin (Unknown)
Rohmatulloh, Rohmatulloh (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan strategi tantangan kelompok pada materi senyawa hidrokarbon kelas XI MIA 3 SMA Negeri 8 Mataram. Subjek penelitian berjumlah 29 orang yang terdiri dari 13 laki-laki dan 16 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian berupa hasil belajar kognitif yang diambil dengan teknik tes uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I nilai ketuntasan klasikal peserta didik sebesar 72% dengan nilai rata-rata kemampuan kognitif 79. Pada siklus II nilai ketuntasan klasikal peserta didik 86% dengan nilai rata-rata kemampuan kognitif 83. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dengan strategi tantangan kelompok dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JLPI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia (JLPI) adalah wadah publikasi bagi mahasiswa, guru, dosen, praktisi maupun peneliti pada bidang literasi dan pembelajaran. JLPI menerima tulisan dalam bentuk artikel hasil penelitian maupun artikel review tentang isu yang berkaitan dengan: Literasi Membaca, ...