Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan strategi tantangan kelompok pada materi senyawa hidrokarbon kelas XI MIA 3 SMA Negeri 8 Mataram. Subjek penelitian berjumlah 29 orang yang terdiri dari 13 laki-laki dan 16 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian berupa hasil belajar kognitif yang diambil dengan teknik tes uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I nilai ketuntasan klasikal peserta didik sebesar 72% dengan nilai rata-rata kemampuan kognitif 79. Pada siklus II nilai ketuntasan klasikal peserta didik 86% dengan nilai rata-rata kemampuan kognitif 83. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dengan strategi tantangan kelompok dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2023