Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia
Vol 3 No 2 (2023): Juli-Desember

Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Kelompok A Di TKN Pembina Ampenan

Khiaraturrosida, Khiaraturrosida (Unknown)
Karta, I Wayan (Unknown)
Irmayani, Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2023

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah Bagaimana kegiatan kolase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan kolase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok A. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 1I (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kegiatan Kolase dapat Meningkatkan Kemampuan motorik halus Siswa Kelas A TKN Pembina Ampenan dengan persentase keberhasilan 92% dengan nilai rata-rata 3,6. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan kolase dapat meningkatkan kemampuan motoric halus anak kelompok A di TKN Pembina Ampenan Tahun 2023. Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Kepada guru yang mengalami kesulitan yang dapat menggunakan kegiatan kolase sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak (2) Kepada guru–guru yang ingin menggunakan kegiatan kolase disarankan untuk merancang kegiatan kolase yang lebih menarik dan beragam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JLPI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia (JLPI) adalah wadah publikasi bagi mahasiswa, guru, dosen, praktisi maupun peneliti pada bidang literasi dan pembelajaran. JLPI menerima tulisan dalam bentuk artikel hasil penelitian maupun artikel review tentang isu yang berkaitan dengan: Literasi Membaca, ...