Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 26 Cakranegara yang berjumlah 30 peserta didik, yaitu 14 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Instrumen pada penelitian ini menggunakan hasil observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mengetahui keaktifan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di kelas IV SDN 26 Cakranegara. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh dari siklus 1 sebesar 56,30 dan pada siklus ke II diperoleh nilai rata-rata 83,70 dan rata-rata nilai keaktifan yang diperoleh oleh peserta didik dari siklus I ke siklus II adalah 26,67.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023