Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia
Vol 3 No 2 (2023): Juli-Desember

Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Aplikasi Game Quizizz Mode Paper Pada Pembelajaran Tematik Tema 8 di Kelas V SDN 22 Ampenan Tahun Ajaran 2023/2024

Irmayani, Irmayani (Unknown)
Rudianti, Amilia Eni (Unknown)
Jumna, I Putu Dresta (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan aplikasi game quizizz mode paper pada pembelajaran tematik tema 8 di kelas V SDN 22 Ampenan tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner, dokumentasi, dan tes. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan dan data kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 22 Ampenan dengan jumlah yaitu 27 siswa. Hasil penelitian secara umum menunjukkan adanya peningkatan persentase motivasi belajar siswa yaitu pra siklus memperoleh persentase 60% dengan kategori cukup (C), kemudian pada siklus I meningkat menjadi 76% dengan kategori baik (B) dan meningkat menjadi 84% pada siklus II dengan kategori baik (B) yang artinya bahwa aplikasi game Quizizz mode paper sangat efektif untuk digunakan sebagai peningkatan motivasi belajar siswa kelas V SDN 22 Ampenan tahun ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JLPI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia (JLPI) adalah wadah publikasi bagi mahasiswa, guru, dosen, praktisi maupun peneliti pada bidang literasi dan pembelajaran. JLPI menerima tulisan dalam bentuk artikel hasil penelitian maupun artikel review tentang isu yang berkaitan dengan: Literasi Membaca, ...