Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi
Vol 3 No 1 (2024): September

Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Karakter: Improving Early Childhood Social Development Through Character Education

Yudha, Fariz Kartika (Unknown)
Rusilowati, Umi (Unknown)
Johnson, David (Unknown)
Pujiati, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pendidikan karakter dapat meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan melibatkan 100 anak usia 4-6 tahun dari 10 Taman Kanak-Kanak di di berbagai wilayah Indonesia. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi, dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan perangkat lunak SPSS versi terbaru. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendidikan karakter memiliki pengaruh positif signifikan terhadap semua aspek perkembangan sosial yang diukur, seperti kemampuan berkomunikasi, kerja sama, empati, dan penyelesaian konflik. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan rata-rata yang signifikan pada level p $<$ 0.05 antara anak yang mendapatkan pendidikan karakter dan yang tidak. Nilai koefisien regresi (β) untuk masing-masing aspek berkisar antara 0.38 hingga 0.48 dengan nilai p < 0.01. Nilai R2 dan F-value menunjukkan model regresi signifikan dalam menjelaskan variasi dalam perkembangan sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan karakter berperan penting dalam meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini dan merekomendasikan pengembangan program pendidikan karakter dalam kurikulum pendidikan anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mentari

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Discover the forefront of educational innovation with the Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi. Our latest issue delves into five meticulously curated focus areas that blend traditional educational principles with cutting-edge technology. From the integration of Sharia ...